5 Hal Menarik Tentang Seragam Sekolah Jepang

memang mudah membuat kita ingat banyak hal dari mulai keunikan kulinernya, keindahan wisata kota-kotanya sampai kebiasaan, sejarah dan tradisi yang menarik untuk diulik. Namun Minna-san tentu juga mengenal bagaimana ciri khas kan? Kalau sering menonton film, dorama atau anime Jepang, seragam sekolah ala negara yang satu ini memang lucu dan cantik sekali. Bahkan banyak yang mengidam-idamkan gaya seragam semacam ini terjadi sekolahnya. Wah, tapi tahukah minna-san kalau seragam sekolah ini ada sejarahnya tersendiri? Mari simak 5 hal menarik tentang ini untuk tahu lebih lanjut!

1. Ternyata seragam sekolah ala Jepang juga ada sejarah panjangnya lo, minna-san. Konon ide berbusana dengan gaya pelaut (sailor suits) ini terinspirasi dari pakaian yang dipakai anak dari keluarga kaya Eropa sekitar era 20-an. Anak itu memakai pakaian bergaya sailor dan membuat banyak masyarakat Jepang senang melihatnya. Alasan lain kenapa seragam ala pelaut ini digandrungi di Jepang juga karena mudah pembuatannya. Sudah banyak yang memuja gaya berbusana seperti ini dan mulai memberikannya untuk dipakai anak-anak dan remaja.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

2. Biasanya seragam sekolah ala Jepang ada yang berwarna biru gelap ada juga yang berwarna putih. Nah ternyata memang ada perbedaannya dari segi nama, corak, warna atau desain lo, minna-san. Misalnya saja Gakuran adalah jenis seragam yang biasanya berwarna hitam atau navy blue. Sementara ada lagi Sailor fuku adalah jenis seragam yang memakai warna dasar putih namun dengan kerah biru serta pita atau dasi merah. Meski sama-sama dipakai untuk siswa SMP dan SMU, namun biasanya Gakuran lebih sering menjadi referensi seragam lelaki. Sementara Sailor fuku yang imut dan manis tentu identik dengan seragam para siswi di Jepang. Tapi setiap sekolah tentu punya peraturannya sendiri.

Jepang

4. Seragam sekolah di Jepang juga punya simbol dan maknanya tersendiri lo. Bila minna-san tahu di banyak dorama atau anime, karakter gadis berseragam biasanya digambarkan manis, menggemaskan dan selalu riang. Ini karena ternyata memang seragam tersebut bukan hanya sekedar seragam namun menjadi simbol seishun (youth alias masa muda). Bahkan ada yang mengaitkan ciri khas seragam ala Jepang dengan kenangan dan nostalgia yang manis.

5. Tidak hanya itu, seragam sekolah di Jepang juga seringkali menjadi fashion statement baik di Jepang atau bahkan di banyak negara lain. Makanya modifikasi atau aksesoris sering dipakai untuk menghias sailor suits ala Jepang. Mulai dari pin rambut, pita, stocking, penambahan blazer, rombak warna atau corak rok dan banyak lagi. Mau tidak mau harus diakui sih minna-san, kalau seragam sekolah ala Jepang memang menarik sekali ya!

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: