Mengenal 100 Jenis Sushi di Jepang!

adalah terpopuler di seluruh dunia. Ada banyak sekali jenis sushi yang sesuai selera masing-masing: sushi sayur, ikan mentah, ikan masak, sushi daging, dan lain sebagainya. Apakah Minna-san sudah tahu seperti apa sushi kesukaan Minna-san?

Berikut ini adalah 100 jenis yang diurutkan berdasarkan popularitasnya. Sushi ala Barat tidak termasuk dalam jenis ini, kecuali jika sushi tersebut juga populer di Jepang.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

1. Ikura Gunkan

Ikura Gunkan adalah sushi berbentuk oval terbuat dari salmon acar dan dihiasi telur salmon di atasnya.

 

2. Sake Nigiri

 

3. Kappa Maki

Sushi timun ini dinamai dari Kappa, makhluk dari mitos Jepang yang suka timun.

 

4. Maguro Nigiri

Sushi potongan tuna ini adalah sushi tuna yang paling terjangkau harganya. Khusus untuk sushi tuna, lemak ikannya yang paling mahal.

 

5. Uni

Uni adalah sushi dari kelenjar kelamin bulu babi. Rasanya sangat lembut, khas, dan mudah meleleh di mulut.

 

6. Toro

Toro adalah sushi dari sirip biru ikan tuna. Tahu tidak, Minna-san, sebelum sushi ini populer di tahun 20-30an, Toro justru dianggap makanan sisa dan dijadikan makanan kucing!

 

7. Hamachi

Hamachi adalah sushi yang terbuat dari ikan ekor kuning yang masih muda. Sushi ini kaya rasa dan punya sensasi yang berbeda dari sushi lainnya.

 

8. Ebi Nigiri

Ebi Nigiri adalah sushi dari udang matang.

 

9. Amaebi

Sedangkan Amaebi adalah sushi dari udang mentah.

 

10. Tamagoyaki

Sushi ini terbuat dari telur goreng. Meski bahannya sangat sederhana, tetapi proses pembuatannya sangat sulit dan butuh perhitungan besar. Rasa Tamagoyaki yang terbaik adalah yang manis, lembut, tetapi juga gurih akan rasa udang dan pasta ikan.

 

11. Ika Nigiri

Sushi yang terbuat dari cumi-cumi. Ika Nigiri yang lezat rasanya manis dan segar di setiap kunyahannya. Sushi ini biasanya disajikan dengan sudachi (jeruk nipis) dan sejumput garam.

 

12. Anago

Sushi ini terbuat dari belut laut. Meski selalu ada di setiap musim, Anago paling nikmat disantap saat musim panas, khususnya di antara bulan Juni hingga pertengahan Juli. Anago dimasak dengan kecap shoyu dan sake dan paling enak disajikan saat masih hangat.

 

13. Tai

Tai sushi terbuat dari ikan kakap tawar. Saat ikan kakapnya masih muda, disebut kasugi. Tai sushi biasanya hadir saat musim dingin, tetapi puncaknya baru dimulai saat April. Saat itu, sushi ini disebut sakura-dai atau kakap sakura yang harganya sangat tinggi di pasaran.

 

14. Hotate Nigiri

Hotate nigiri bisa didapatkan di semua musim. Walaupun hotate sudah banyak diternak, hotate liar rasanya jauh lebih lezat dari tekstur dan cita rasanya.

 

15. Aji

Aji bisa disajikan mentah atau dibumbui dengan garam dan cuka. Aji biasanya disajikan dengan wasabi, jahe, dan daun bawang untuk menonjolkan rasanya. Sushi ini rasanya manis dan lembut di mulut.

 

16. Tako Nigiri

 

Biasanya, Tako dipotong sangat tipis agar mudah dikunyah. Biasanya, daging gurita ini diremas dulu selama 30 menit agar lembut sebelum direbus.

 

17. Tekkamaki

Tekkamaki adalah daging tuna tipis yang digulung.

 

18. Saba

Saba terbuat dari ikan kembung. Meski selalu ada di setiap musim, tetapi musim puncaknya adalah saat November dan Maret. Rasa ikannya yang lezat sangat pas dipadu dengan nasi yang sudah dibumbui cuka.

 

19. California Roll

Walaupun sushi ala Barat, tetapi cukup populer di Jepang. Sushi ini terbuat dari timun, kepiting, dan alpukat.

 

20. Futomaki

Futomaki terbuat dari berbagai bahan makanan. Di antaranya adalah telur, kanpyo, timun, dan jamur.

 

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: