Mengenal 100 Jenis Sushi di Jepang! (5)

Lanjutan dari artikel yang pertamakedua, ketiga, dan keempat, berikut ini adalah 100 jenis  di Jepang yang diurutkan berdasarkan popularitasnya.  ala Barat tidak termasuk dalam jenis ini, kecuali jika  tersebut juga populer di Jepang.

 

81. Kazunoko

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Kazunoko terbuat dari daging ikan hering. Dagingnya dibumbui dengan saus dashi. Kazunoko adalah salah satu yang populer saat perayaan tahun baru sebagai simbol kesejahteraan keluarga dan harapan untuk memiliki banyak keturunan.

 

82. Mirugai

Sushi ini dulunya terbuat dari kerang raksasa dan hanya ditemukan di Teluk Tokyo. Namun, kerang raksasa kini semakin langka, sehingga dagingnya diganti dengan kerang geoduck. 

 

83. Mategai

Sushi ini terbuat dari kerang bambu.

 

84. Hamo

Sushi ini terbuat dari belut daggertooth. Sama seperti daging belut lainnya, hamo rasanya sangat lezat dan lembut.

 

85. Mamakari

Menurut legenda, sushi ini dinamai mamakarizushi karena saking lezatnya, nasi (mama) di rumah langsung habis sampai harus meminjam (kari) tetangga. Bagi penduduk Okayama, sushi ini wajib hadir saat festival. Maka dari itu, mereka selalu memancing ikan mamakari untuk membuat sushi ini.

 

86. Avocado Maki

Sushi ini terbuat dari alpukat yang digulung dalam nasi.

 

87. Masu

Sushi ini terbuat dari ikan trout.

 

88. Sayori

Pada zaman Edo dahulu, sayori selalu dibumbu garam dan cuka, karena jika tidak, akan menimbulkan bau amis. Sekarang, berkat adanya kulkas, sayori bisa disajikan mentah dengan wasabi dan oboro

 

89. Madai

Sushi ini terbuat dari ikan kakap laut merah.

 

90. Akagai

Akagai dulunya sangat mudah ditemukan di Teluk Tokyo. Namun, sayangnya, populasinya saat ini amat langka dan harganya juga sangat mahal. Dagingnya terlebih dulu dibilas dengan air cuka sebelum diiris berbentuk kupu-kupu seperti foto di atas.

 

91. Anakyu

Anakyu terbuat dari belut laut dan timun.

 

92. Gyu Nigiri

Gyu nigiri terbuat dari daging sapi kelas atas seperti Hida atau Kobe.

 

93. Spicy Tuna Maki

Sushi variasi Barat ini juga populer di Jepang. Sushi ini terbuat dari ikan tuna dan bubuk cabe merah.

 

94. Hokkigai

Hokkigai terbuat dari surf clam.

 

95. Namako

Sushi ini terbuat dari timun laut.

 

96. Umekyu

Umekyu terbuat dari timun dan buah plum Jepang.

 

97. Yuba Maki

Yuba maki adalah sushi gulung yang isinya digulung dengan yuba atau kulit tofu.

 

98. Meharizushi

Meharizushi adalah sushi yang dibungkus dengan daun Takana.

 

99. Kuruma

Sushi ini terbuat dari daging udang windu. Di restoran sushi, para juru masak selalu menyediakan udang hidup yang bisa disiapkan kapan saja demi memastikan kesegaran dan rasa maksimal sushi saat penyajian. Kuruma dapat disajikan mentah, tetapi kebanyakan juru masak merebusnya sampai dagingnya kemerahan. Kuruma disajikan agak hangat dan rasanya lembut dan manis.

 

100. Funazushi

Funazushi adalah salah satu jenis narezushi (sushi fermentasi) yang langka. Funazushi adalah yang terbuat dari ikan Nigorobuna yang hanya bisa ditemukan di Danau Biwa, Prefektur Shiga. Funazushi disajikan oleh keluarga Kitamura di daerah tersebut selama delapan generasi sejak tahun 1619.

Nah itulah 100 jenis sushi di Jepang yang bisa mina-san temui ketika mina-san ke Jepang. Kalau bisa, silahkan dicoba satu persatu ya! Selamat menikmati ^^

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: