Mengenal 100 Jenis Sushi di Jepang! (4)

Lanjutan dari artikel yang pertamakedua, dan ketiga berikut ini adalah 100 jenis  di Jepang yang diurutkan berdasarkan popularitasnya.  ala Barat tidak termasuk dalam jenis ini, kecuali jika  tersebut juga populer di Jepang.

61. Hirame

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

yang terbuat dari ikan halibut atau ikan flounder.

 

62. Oshizushi

Sushi ini berasal dari daerah Kansai (Osaka.) Cetakan kayu digunakan untuk membuat sushi ini.

 

63. Shiro Ebi

Shiro ebi terbuat dari bayi udang putih yang sangat langka dan hanya bisa ditemukan di Toyama. Musim semi adalah musimnya shiro ebi. Shiro ebi disajikan dengan jahe parut dan nikiri.

 

64. Aoyagi

Aoyagi terbuat dari kerang bulat. Lucunya, dalam bahasa Jepang, kerang ini sebenarnya bernama baka-gai yang artinya ‘kerang bodoh’. Aoyagi sudah menjadi sushi favorit sejak zaman Edo, dan terus dinikmati para penggemar sushi hingga saat ini karena rasanya yang manis dan crunchy.

 

65. Hamaguri

Hamaguri dulunya hanya ditemukan di Teluk Tokyo. Saat ini, hamaguri sudah menjadi salah satu sushi yang paling populer. Sushi ini tidak pernah disajikan mentah. Juru masak mengukus atau merebusnya terlebih dahulu lalu dibumbui dengan mirin, kecap, dan sedikit gula. Kerang yang sudah matang kemudian digabungkan dengan nasi dan dioles saus nikiri atau nitsume.

 

66. Ohyou

Sushi ini terbuat dari ikan halibut.

 

67. Akami

Akami terbuat dari ikan tuna merah. Para juru masak memiliki caranya masing-masing untuk mengolahnya. Namun, semua olahan pasti mengandung paling tidak shoyu dan mirin.

 

68. Sawara

Ikan sawara paling baik ditangkap saat musim dingin. Pada kondisi ini, dagingnya disebut kan sawara, dengan dagingnya yang gemuk, lembut, dan teksturnya yang berlapis.

 

69. Isaki

Daging ikannya baru hadir di Pasar Tsukiji pada awal musim semi dan baru mencapai rasa terbaiknya di bulan Juni. Rasanya lembut, tipis, dan manis. Sushi yang terbaik disajikan setelah daging mentahnya dibiarkan selama satu sampai dua hari.

 

70. Sakura Niku

Walaupun namanya sakura seperti nama bunga khas Jepang, sushi ini terbuat dari daging kuda mentah, lho.

 

71. Awabi

Awabi adalah satu-satunya yang terbuat dari daging kerang dan muncul saat musim panas. Karena kerangnya memakan rumput laut, rasa dagingnya sangat lezat yang sangat kuat dengan aroma laut. Teksturnya juga cukup crunchy. Walaupun harganya mahal, tetapi sangat layak dicoba!

 

72. Kibinago

Di Jepang, kibinago biasanya disajikan dalam bentuk sashimi atau dipanggang, dan jarang diolah menjadi sushi.

 

73. Iwashi

Iwashi terbuat dari ikan sarden. Iwashi sangat populer, tetapi mudah basi karena dagingnya mengandung omega-3 yang sangat tinggi. Di zaman Edo, dagingnya tidak diolah menjadi sushi, melainkan hanya dipanggang. Barulah setelah zaman Perang Dunia II ketika kulkas diperkenalkan, dagingnya bisa tahan lama dan diolah menjadi sushi seperti sekarang. Meski begitu, sushinya masih tidak bisa bertahan lama.

 

74. Battera Sushi

Battera sushi adalah sushi kotak khas Osaka. Terbuat dari ikan kembung, sushi ini dicetak dengan konbu bersama nasi dan ikan di dalamnya.

 

75. Kanpyo Maki

Kanpyo maki biasanya disajikan sebagai menu terakhir untuk pencuci mulut dan membuat Mina-san kenyang jika masih lapar. Walaupun sushi ini cukup sederhana, tetapi pembuatannya cukup rumit.

 

76. Suzuki

Sushi ini terbuat dari ikan kakap putih.

 

77. Karei

Sushi ini terbuat dari ikan flatfish.

 

78. Tairagai

Sushi ini terbuat dari kerang penshell.

 

79. Shiro Maguro

Shiro maguro terbuat dari ikan tuna putih super.

 

80. Noresore

Noresore terbuat dari bayi belut air asin.

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: