Mengenal 100 Jenis Sushi di Jepang! (3)

Lanjutan dari artikel yang pertama dan kedua, berikut ini adalah 100 jenis  di Jepang yang diurutkan berdasarkan popularitasnya.  ala Barat tidak termasuk dalam jenis ini, kecuali jika  tersebut juga populer di Jepang.

41. Buri

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Buri adalah ikan kuning dewasa. Buri termasuk di Jepang yang sudah ada sejak zaman Edo. Ikan terbaik dapat ditemukan di Teluk Toyama, Honshu. Buri paling nikmat disajikan saat musim dingin, ketika dagingnya sangat berlemak dan lezat.

 

42. Uramaki

Seperti Maki, bedanya nori berada di dalam nasi. Uramaki lebih populer di Barat daripada di Jepang.

 

43. Matsubagani

Matsubagani adalah sushi yang terbuat dari kaki kepiting salju.

 

44. Tobiko Nigiri

Sushi ini terbuat dari telur ikan terbang.

 

45. Shime Saba

Sushi ini terbuat dari ikan kembung yang sudah dibumbui. Shime Saba populer di bulan November dan Maret, saat ikan-ikannya sedang bermigrasi.

 

46. Hatahata

Hatahata adalah sushi dari ikan sandfish. Ikan hatahata sangat digemari oleh penduduk Akita. Saat musim dingin di Akita, ikan ini sangat berharga dan menjadi sumber protein ketika makanan sedang langka.

 

47. Masago

Kalau Mina-san penggemar berat sushi, pasti akan suka Masago. Sushi ini terbuat dari telur ikan capelin, salah satu jenis ikan salmon. Masago menjadi bahan sushi yang populer karena mudah didapatkan dan menambah variasi pada kelezatan sushi yang dimasak.

 

48. Kimmedai

Kimmedai terbuat dari sushi ikan kakap bermata emas.

 

49. Gunkanmaki

Gunkanmaki adalah sushi yang dibentuk dengan tangan dan dibungkus nori. Gunkanmaki pertama kali dibuat oleh chef Hisaji Imada pada tahun 1935 di Perang Dunia II. Gunkanmaki dianggap sebagai teknik penyajian sushi yang efisien pada saat itu.

 

50. Kisu

Kisu terbuat dari ikan whiting. Sushi ini sangat rendah lemak, karena ikannya hanya mengandung 1% lemak. Sushi ini paling enak dinikmati saat akhir musim semi hingga awal musim panas.

 

51. Kohada

Ikan ini terbuat dari ikan dorosoma dari genus gizzard shad. Sushi ini bisa dinikmati di segala musim. Namun, paling enak dinikmati pada musim gugur dan musim dingin. Ikannya yang masih muda tersedia di musim semi dan awal musim panas.

 

52. Hiramasa

Terbuat dari ikan kuning amberjack, hiramasa masih ‘bersaudara’ dengan sushi buri. Ketika buri paling enak disantap saat musim dingin, hiramasa justru paling populer di bulan Juni. Lemak pada hiramasa juga tidak sebanyak buri.

 

53. Tsubugai

Tsubugai terbuat dari whelk, salah satu jenis siput laut.

 

54. Katsuo

Katsuo terbuat dari ikan tuna skipjack. Katsuo paling enak disantap saat musim semi. Dagingnya yang pipih dan lezat dengan kulit yang bisa dimakan. Katsuo biasanya disajikan dengan jahe parut, potongan daun bawang, atau dengan parutan bawang putih mentah.

 

55. Torigai

Torigai adalah sushi dari tiram Jepang. Torigai adalah salah satu sushi langka yang hadir di restoran sushi di bulan April hingga akhir Mei saja! Torigai biasanya disajikan mentah. Namun, para koki merebusnya sebentar terlebih dulu untuk menonjolkan cita rasanya. Dagingnya sangat lembut, mudah dikunyah, dan manis.

 

56. Gindara Nigiri

Sushi ini terbuat dari ikan sable. Tekstur dagingnya sangat lembut dan halus.

 

57. Namera

Namera sushi terbuat dari ikan kerapu.

 

58. Kurodai

Sushi ikan air tawar laut hitam bisa disantap di musim panas dan musim gugur. Bau rumput laut sangat kuat pada ikan ini. Bagi yang kurang menyukai baunya, biasanya diolah terlebih dulu dengan perasan jeruk dan garam untuk mengurangi baunya.

 

59. Temarizushi

Temarizushi adalah sushi bulat yang dibentuk dengan tangan.

 

60. Sasamaki

Sasamaki adalah segala jenis sushi yang dibungkus dengan daun bambu.

 

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: