Mengenal 100 Jenis Sushi di Jepang! (2)

Lanjutan dari artikel yang pertama, berikut ini adalah 100 jenis  di  yang diurutkan berdasarkan popularitasnya. ala Barat tidak termasuk dalam jenis ini, kecuali jika tersebut juga populer di Jepang.

21. Ayu

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Ikan Ayu adalah ikan tawar yang merupakan bagian dari ikan trout. Meski populer, Ayu sushi tidak akan Minna-san temukan di restoran Edomaezushi tradisional.

 

22. Unagi

Unagi adalah belut air tawar yang dimasak dengan saus manis.

 

23. Sanma

Ikan sanma bermigrasi dari perairan dingin Hokkaido menuju Honshu saat musim gugur. Saat inilah rasa daging mereka dianggap paling lezat. Sushi ini biasanya disajikan dengan jahe parut atau diberi garam dan dibumbu cuka.

 

24. Natto Maki

Sushi ini terbuat dari natto, kedelai fermentasi yang merupakan kesukaan orang Jepang.

 

25. Negitoro

Negitoro terbuat dari negi (tomat Jepang) dan perut tuna sirip biru.

 

26. Kani Nigiri

Kani nigiri adalah sushi yang terbuat dari daging kepiting di atas nasinya.

 

27. Kamaboko Kani

Berbeda dengan Kani Nigiri, Kamaboko Kani terbuat dari daging crabstick atau daging kepiting imitasi.

 

28. Umeboshi

Buah ume memiliki rasa yang sangat asam saat baru dipetik dari pohon. Umeboshi biasanya disajikan sebagai pencuci mulut ketika tengah menikmati sushi.

 

29. Shako Nigiri

Sushi udang mantis ini hadir di restoran sushi saat akhir musim semi atau akhir musim panas. Dagingnya diolah dengan direbus sebentar, dipanggang di atas api langsung, lalu disajikan dengan tsume. Rasanya sangat khas, manis, dan seperti makan daging.

 

30. Daikon Oshinko Maki

Sushi ini terbuat dari acar lobak Jepang.

 

31. Mentaiko

Mentaiko terbuat dari daging ikan cod mentah. Ikan ini digunakan juga di berbagai jenis masakan Jepang. Mentaiko punya rasa yang sangat kuat hingga bisa jadi pendamping minuman beralkohol tinggi.

 

32. Ankimo

Sushi ini terbuat dari liver ikan monkfish. Ikan ini adalah salah satu penghuni dasar laut yang hidup di perairan Arktik, Pasifik, Hindia, Atlantik, dan Mediterania.

 

33. Temaki

Mungkin Minna-san pernah mendengar sushi jenis ini. Sushi jenis ini juga salah satu trend di dunia. Sushi yang dibungkus nori (rumput laut) berbentuk kerucut seperti es krim ini biasanya dimakan dengan tangan langsung.

 

34. Chirashizushi

Berbeda daripada sushi kebanyakan, chirashizushi juga disebut scattered sushi atau sushi yang tersebar. Sushi yang disajikan dalam mangkuk ini terdiri dari berbagai macam ikan mentah dan sayur lainnya sebagai hiasan.

 

35. Chutoro

Chutoro hampir sama dengan Toro (perut ikan tuna sirip biru). Bedanya, Chutoro diambil dari bagian punggung atau ekor ikan tuna dan tidak berlemak seperti Toro. Harganya cukup mahal dan hanya disajikan pada acara khusus saja.

 

36. Iseebi Nigiri

Meski lobster tidak terlalu populer di Jepang, Iseebi terbuat dari daging kepiting ini. Iseebi biasanya dinikmati saat perayaan Tahun Baru. Penyajiaannya bisa mentah, direbus, ditumis, atau digoreng dengan tepung tempura atau tepung roti. Sedangkan Iseebi yang masih kecil (ama ebi) disantap mentah.

 

37. Shirasu

Shirasu terbuat dari bayi ikan teri atau ikan sarden.

 

38. Inarizushi

Inarizushi adalah tahu isi nasi sushi yang digoreng. Namanya diambil dari nama Dewa Inari dari aliran Shinto yang berkaitan erat dengan tahu.

 

39. Tsunamayo Maki

Sushi ini terbuat dari tuna dan mayones.

 

40. Engawa

Terbuat dari ikan flatfish, daging engawa kaya akan kolagen dengan warna daging yang nyaris transparan. Rasanya manis dan berlemak, tetapi lezat dan seimbang. Sushi ini dianggap sebagai salah satu yang mewah dengan harga yang sangat tinggi dan amat diminati banyak orang. 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: