10 Bahan Makanan yang Harus Tersedia di Dapur Jepang (2)

Seperti yang sudah disebutkan di artikel sebelumnya, inilah beberapa yang harus tersedia di dapur jika minasan ingin tinggal di :

(味醂)

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Beras anggur manis memiliki kandungan alkohol lebih rendah daripada Sake dan hanya digunakan untuk memasak di Jepang. Beras anggur manis ini menambahkan keseimbangan manis yang pas untuk masakan Jepang, dan termasuk salah satu dari beberapa bahan makanan yang harus tersedia di dapur Jepang.

Tujuh (七味)

Ketujuh rempah-rempah ini menambah dimensi yang menarik untuk rasa hidangan dan juga menambahkan gizi, dengan masing-masing rempah-rempah membuat manfaat kesehatan yang berbeda. Campuran rempah-rempah ini termasuk cabai, kulit jeruk, biji wijen hitam, biji wijen putih, rumput laut, lada Jepang dan jahe. Rempah-rempah ini sering ditambahkan ke dalam masakan Jepang untuk menambahkan sedikit rasa ekstra. Rempah-rempah ini juga baik sebagai bumbu untuk daging, ikan atau makanan laut lainnya.

Tahu (豆腐)

Tahu memiliki kalori yang rendah namun tinggi pada protein dan kalsium. Ada berbagai jenis tahu yang tersedia di supermarket termasuk “tahu sutra” yang memiliki tekstur yang lembut dan halus, dan paling baik digunakan dalam salad dan sup, dan “tahu keras” yang memiliki tekstur lebih keras dan lebih baik dimasak dalam satu panci masakan dan tumisan. Tahu segar dapat dimakan langsung secara dingin dari kulkas atau ditambahkan ke masakan yang panas.

(味噌)bahan

Pasta miso terbuat dari kedelai yang difermentasi dicampur dengan garam, beras atau gandum, dan koji (ragi). Ada berbagai jenis miso, yang mempunyai variasi warna mulai dari coklat terang hingga merah gelap/coklat. Umumnya, lebih muda warnanya maka yang lebih ringan pula rasanya. Setelah pasta miso dibuka, kemudian pasta harus disimpan dalam lemari es dalam wadah kedap udara (pasta akan terus berfermentasi dan menjadi lebih asin dari waktu ke waktu). Pasta miso bertindak sebagai bumbu yang baik untuk daging, ikan atau bahkan sayuran.

Rumput Laut (海藻)

Rumput laut mengandung vitamin dan mineral, dan merupakan bagian penting dari , mulai dari pembuatan sushi hingga makanan yang sederhana dan juga salad.

Itulah 10 bahan makanan yang harus tersedia di dapur Jepang. Apakah minasan sudah siap untuk berbelanja? ^^

Leave a Reply

%d bloggers like this: