10 Bahan Makanan Jepang yang Harus Tersedia di Dapur Jepang (1)

Jika minasan mempunyai pikiran untuk tinggal di Jepang, maka segala sesuatunya harus sudah dipikirkan dan dipersiapkan. Mulai dari tempat tinggal, barang-barang yang akan tersedia di rumah hingga bahan- yang harus tersedia di dapur. Nah berikut ini ada 10 bahan yang setidaknya harus tersedia:

Beras/Nasi ()

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Beras Jepang adalah jenis beras yang ketika dimasak akan mudah menempel. Maka dari itu beras Jepang sangat cocok untuk membuat bola nasi (onigiri) ataupun sushi. Beras ini pun ketika sudah matang akan mudah dimakan dengan menggunakan sumpit. Harga beras Jepang bervariasi. Namun rata-rata masyarakat Jepang akan membayar sebesar 1500 Yen untuk 5 kg beras.

Mie ()

Ada berbagai macam mie yang tersedia di Jepang, termasuk mie untuk ramen, udon, soba dan somen. Mie ramen berwarna kekuningan, tipis dan terbuat dari gandum. Dikenal sebagai salah satu untuk bahan utama di dalam kaldu ramen. Mie udon berwarna putih, tebal dan terbuat dari tepung terigu. Mie soba berwarna coklat keabu-abuan, tipis dan terbuat dari tepung soba. Memiliki rasa yang kuat dan dapat disajikan dalam keadaan panas atau dingin. Terakhir mie somen berwarna putih, sangat tipis dan terbuat dari gandum. Sering disajikan dalam keadaan dingin selama musim panas.bahan

Kecap (醤油)

Kecap adalah bahan makanan Jepang utama di setiap dapur Jepang. Sebuah kecap Jepang berkualitas baik memiliki rasa yang halus, yang memungkinkan rasa untuk mudah bercampur dengan bahan-bahan lainnya. Kecap adalah bahan serbaguna untuk memasak tumisan sederhana.

(米酢)

Cuka beras banyak digunakan untuk membuat nasi sushi, salad Jepang dan beberapa saus. Cuka ini memiliki rasa yang sangat halus dibandingkan dengan cuka lainnya.

()

Anggur beras Jepang dikenal dengan nama “Sake”. Terbuat dari beras yang dipoles dan sejenis bakteri bernama “Koji”. Walaupun Sake mirip dengan anggur dalam penampilannya, namun proses pembuatan Sake lebih mirip dengan bir. Kandungan alkohol pada Sake juga lebih besar dibandingkan dengan anggur dan bir. Sake juga dapat digunakan untuk memasak agar menambah rasa nikmat masakan.

Nah itulah 5 bahan makanan Jepang utama yang harus tersedia di dapur Jepang. 5 lainnya akan dibahas di artikel selanjutnya, ya! ^^

Leave a Reply

%d bloggers like this: